Beberapa software untuk editing DNA hasil sequencing

Bagi pemula seperti saya yang belum terbiasa dengan analisis DNA, membaca dan mengedit hasil sequensing DNA adalah sesuatu yang sangat sulit. Dalam hal ini kita dituntut untuk rajin membaca free webiste maupun jurnal yang berhubungan dengan objek ini. Pengalaman saya yang menelusuri lewat jurnal, saya mencoba membaca metode penelitian dari penulis dari suatu jurnal plus hasil yang ditampilkan dan akhirnya setelah membaca  beberapa jurnal tersebut saya dapatkan kesimpulan bahwa ternyata banyak sekali software untuk editing DNA ini mulai dari bagaimana mengalignment hasil DNA yang kita peroleh dan akhirnya membuat pohon filogenetik untuk mengetahui kesamaannya. Berikut ini beberapa software yang dapat didownload secara gratis.

  1. Bioedit. Ini adalah program favorit yang saya temui dari peneliti2 di Indonesia. http://www.mbio.ncsu.edu/bioedit/bioedit.html
  2. Mega Software. http://www.megasoftware.net/
  3. Bionumeric software. http://www.applied-maths.com/software
  4. Finch TV software. http://www.geospiza.com/Products/finchtv.shtml
  5. dll.

Masih banyak sebenarnya macam free software untuk editing dan alignment hasil DNA sequencing ini. Semoga sekelumit info ini dapat bermanfaat.

finchtv2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *